Resep Masakan Rumpu Rampe Khas Daerah

Bagi yang suka dengan makanan dengan materi dasar bunga pepaya, jantung pisang dan daun umi harus mengikuti klarifikasi resep makanan rumpu rampe khas daerah yang akan disampaikan. Disini, kita juga akan membahas lengkap mengenai materi dan bumbu serta tutorial memasak atau menciptakan hidangan Istimewa NTT tersebut.


Perlu diketahui, makanan rumpu rampe yakni salah satu makanan khas daerah Nusa Tenggara Timur yang sudah banyak dikenal dikalangan pecinta makanan nusantara. Masakan yang satu ini menyajikan beberapa materi makanan dengan kombinasi dan adonan yang tak biasa dijumpai.


Untuk melepas keingintahuan kita mengenai bagaimana rasa resep makanan NTT ini pada update kali ini akan kita coba sajikan bagaimana tutorial memasak makanan ini lengkap dengan daftar materi dan bumbu yang dipakai serta langkah-langlahnya. Jika berminat anda juga bisa melihat-lihat terlebih dahulu beberapa resep NTT sebelumnya seperti Membuat Sambal Lu’at dan Sambal Belimbing NTT, dan juga Lezatnya Sambal Ikan Teri Khas NTT.


Bahan dan Bumbu Rumpu Rampe


Seperti klarifikasi dimuka, hidangan ini memakai daun pepaya sebagai materi dasarnya. Untuk bahan-bahan lain silahkan siapkan seperti yang tertera pada daftar berikut bumbu-bumbu yang digunakan.

















Bahan dan Bumbu



Bunga pepaya

Jantung pisang

Daun ubi

Buah pepaya muda

Udang rebon sangrai

Tomat ukuran sedang iris tipis

Cabe merah iris tipis

Cabe rawit iris tipis

Bawang merah, iris

Bawang putih, iris

Minyak goreng untuk menumis

Garam

Penyedap


:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:


500 gram

500 gram

500 gram

500 gram

100 gram

5 buah

10 buah

10 buah

5 siung

5 siung

5 sdm

Secukupnya

Secukupnya



Yang kurang suka dengan pedas bisa mengurangi komposisi cabai yang dipakai dan memakai cabai sesuai dengan dosis dan selera masing-masing. Dengan demikian lidah kita tidak akan terasa kaget menikmati makanan ini.


Tips Trick Membuat Resep Masakan Rumpu Rampe Khas Daerah


Agar cepat tersaji di meja makan baik untuk makan malam, atau sarapan pagi mari pribadi kita siapkan makanan ini dengan panduan tutorial membuatnya sebagai berikut.



  • Didihkan 3 liter air + 1 sdm garam + 2 sdm minyak goreng

  • Masukan bunga pepaya, daun ubi dan jantung pisang, hingga empuk

  • Masukkan juga buah pepaya terakhir saja sebab yakni yakni lebih cepat empuk

  • Angkat dan tiriskan rebusan sayur tadi

  • Panaskan minyak goreng untuk menumis

  • Masukan irisan bawang merah dan putih

  • Setela harum dan kuning, masukan irisan tomat dan cabai merah

  • Masukan udang rebon sangrai

  • Kemudian masukan sayuran

  • Jangan lupa tambahkan garam dan penyedap sesuai selera

  • Angkat dan sajikan


Sebagai tambahan, kalau tidak suka atau tidak memungkinkan untuk memakai udang rebon maka kita bisa menggantinya dengan terasi. Tapi perlu diingat bahwa dengan mengganti sebagian atau keseluruhan materi tentunya akan menghipnotis rasa simpulan makanan yang dihasilkan. Jika menghendaki rasa sesuai seperti dari daerah aslinya maka sanggup dicoba dengan dosis yang disarankan, namun kreasi menjadi privasi untuk menghidangkan aneka macam resep sesuai selera.


Jangan lupa untuk terus mengakibatkan blog ini sebagai sumber wangsit dalam mencari aneka macam isu resep dan hidangan makanan orisinil khas daerah di Indonesia. Terima kasih sudah berkenan mencoba makanan ini bersama-sama, selamat menikmati!


Belum ada Komentar untuk "Resep Masakan Rumpu Rampe Khas Daerah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel