Resep Sate Dangung-Dangung Khas Minangkabau

Salah satu resep sate populer dari tempat yaitu resep sate dangung-dangung yang merupakan makanan khas Minangkabau. Saat ini kita akan mencoba menciptakan resep tersebut dengan membahasnya lengkap pada update kali ini.


Sate dangung-dangung yaitu sate yang terbuat dari materi dasar daging has dalam yaitu lidah, jantung atau hati sapi. Tips Trick menciptakan hidangan ini tidak begitu sulit dan saya rasa kita semua juga bisa melakukannya. Sebagai informasi, sate yang satu ini mempunyai cita rasa khas yang gurih dan lezat dengan aroma dan rasa bumbu yang kental dan menempel dilidah. Untuk membuktikannya mari kita coba sesungguhnya hidangan orisinil Minang tersebut.


Bahan-Bahan Dangung-Dangung 


Untuk menciptakan makanan ini kita perlu menyiapkan lebih banyak materi dan bumbu dibanding dalam menciptakan sate lain. Selain materi dasar yang telah saya singgung di atas ada juga bahan-bahan lain yang harus disiapkan. Bahan dan bumbu untuk makanan ini menyerupai pada daftar di bawah ini.

























Bahan-Bahan



Lidah / jantung sapi, cuci bersih

Air

Daun kunyit ,

Daun salam

Lengkuas, memarkan

Daun jeruk

Serai, memarkan

Seldry, iris

Bawang pray, iris

Minyak sate *)

Garam,

Kacang tanah

Peyedap

Gula

Sate

Tepung beras

Santan kelapa


*) Dijual di rempah bumbu minang



:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:


1 Kg

2 Liter

1 Lembar

1 Lbr

2 cm

4 lembar

1 batang

Secukupnya

Secukupnya

Secukupnya

1 sdt

100g

Secukupnya

3 sdt

20 tusuk

25 gram

2 gls santan kelapa




Bumbu Halus



Cabai merah keriting

Ketumbar bubuk

Lada

Jinten

Bawang merah

Kari bubuk

Kunyit

Jahe

Minyak goreng



:

:

:

:

:

:

:

:

:


8 buah

1 sendok teh

½ sendok teh

¼ sendok teh

6 buah

1 sendok teh

2 cm

2 cm

2 sendok makan




Selain materi utama yang digunakan, salah satu yang menjadi pembeda sate ini dengan yang lain yaitu penggunaan minyak sate yang hanya ada di penjual rempah bumbu minang. Untuk masyarakat lain yang ingin mencoba menciptakan sate minang tersebut tentunya agak sedikit sulit. Meski demikian tidak ada salahnya mencoba menciptakan resep tempat yang satu ini sebagai salah satu altenatif makanan sate bagi keluarga.


Tips Trick Membuat Sate Dangung-Dangung Khas Minangkabau 


Selesai dengan persiapan materi dan bumbu kita akan langsung menciptakan sate dangung-dangung khas Minangkabau ini. Untuk memasaknya, ikuti tutorial menciptakan sate tersebut menyerupai dijelaskan di bawah ini.



  • Rebus pengecap sapi/jantung/daging, bumbu halus, kunyit, lengkuas, daun jeruk, serai, garam, masak sampai pengecap empuk.

  • Angkat, tiriskan. 

  • Potong pengecap ukuran 1 x 2 x 1 cm. Sisihkan airnya. 

  • Tumis dengan bumbu kuning halus dan kelapa sangria beri minyak sate peyedap,garam tumis sampai kering baru ditusuk 3 pcs/tusuk . 

  • Panggang di atas bara api sambil dibalik-balik dan dioles minyak sampai matang dan harum.

  • Saring air rebusan daging, panaskan

  • Tambahkan bumbu kambing/rempah diatas, santan, seletdry, bawang pray sedikit bawang goreng ml, didihkan masukkan campuran tepung beras cair dan bumbu, aduk rata dan mengental. 

  • Masukan kacang tanah tumbuk bergairah Angkat.

  • Sajikan sate bersama kuah, belahan ketupat dan taburan bawang merah goreng


Perlu diketahui, sate dangung dangung mempunyai warna kuning pucat dari penggunaan kunyit dan pemakaian santan kelapa. Dengan demikian, resep ini kondusif untuk kita hidangkan.


Saya rasa usai sudah pembahasan kita mengenai “Resep Sate Dangung-Dangung Khas Minangkabau” ini, supaya bisa memberikan pelengkap acuan bagi kita semua untuk variasi makanan yang bisa disajikan. Terima kasih telah berkunjung dan selamat mencoba.


Belum ada Komentar untuk "Resep Sate Dangung-Dangung Khas Minangkabau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel