Resep Menciptakan Pallu Basa Makassar Yummy Praktis

Kuliner khas makassar yang lezat dan populer ternyata tidak hanya Coto Makassar ataupun sop saudara saja. Ternyata ada satu masakan lagi yang berasal dari kawasan Makassar namun tak kalah rasanya dengan coto makassar dan sop saudara,. Makanan itu bernama Pallu Basa, Dimana dalam penyajiannya Pallu basa ini agak sedikit seolah-olah dengan coto makassar, namun ada yang sedikit membedakan yaitu adanya tambahan kelapa serta materi perhiasan lainnya.


Makanan yang merupakan salah satu masakan khas asal Makassar ini terdiri atas beberapa materi dasar seolah-olah daging sapi, jantung, limpa, usus, babat, hati, air kaldu daging sapi serta aneka rempah yang menciptakan Pallu Basa ini rasanya sangat lezat dan nikmat. Walaupun Pallu Basa ini yakni masakan khas asal Makassar, tapi bukan berarti anda harus jauh jauh tiba ke Makassar untuk bisa mencoba pallu basa tersebut, lantaran yaitu melalui Resep Membuat Pallu Basa yang akan kami ulas kali ini, anda sanggup mencoba membuatnya sendiri dirumah anda. Dan berikut ini yakni materi yang mesti anda persiapkan serta tutorial menciptakan pallu basa tersebut.





Bahan Membuat Pallu Basa :


150 gram daging sapi

150 gram usus sapi

150 gram jantung sapi

150 gram hati sapi

150 gram limpa

5 sdm minyak goreng untuk menumis


Bumbu Halus (Haluskan) :


8 buah cabai merah keriting

12 siung bawang merah

7 siung bawang putih

½ sdt jinten

1 sdm ketumbar

2 sdt garam

½ biji pala

3 cm jahe

50 gram kelapa parut, sangrai, haluskan sampai berminyak


Bahan Lainnya :


1 batang serai, di memarkan

3 cm lengkuas, di memarkan

50 ml air asam jawa

7 buah cengkih

3 cm kayumanis

1 sdt gula merah

800 ml air kaldu (diambil dari hasil rebusan daging sapi)


Bahan Pelengkap :


Telur mentah (Jika suka)

Jeruk nipis


Cara Membuat Pallu Basa :



  1. Langkah pertama, rebus terlebih dahulu daging sapi dan jeroan dalam sebuah wadah terpisah sampai keduanya terlihat empuk dan matang. Kemudian ambil air kaldunya. Setelah itu potong-potong jeroan dan daging sesuai selera. Kemudian sisihkan daging dan jeroan tersebut

  2. Langkah kedua, panaskan minyak goreng untuk menumis materi bumbu halus beserta serai, kayu manis, cengkih, lengkuas serta gula merah sampai matang dan tercium aroma harum. Lalu masukkan jeroan dan daging sapi sambil anda aduk rata. Setelah itu tambahkan air kaldu sapi dan masak memakai api dosis kecil sampai mendidih.

  3. Selanjutnya, Tambahkan air asam beserta kelapa sangrai. Kemudian anda aduk kembali dan masak sampai bumbu meresap dan kuah menjadi terlihat agak kental. Setelah itu angkat dan pallu basa buatan anda siap untuk disajikan bersama materi perhiasan seolah-olah telur mentah (jika suka) dan jeruk nipis.




Nah, demikianlah ulasan mengenai resep menciptakan pallu basa yang bisa kami share kepada anda. 

Belum ada Komentar untuk "Resep Menciptakan Pallu Basa Makassar Yummy Praktis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel