Resep Bubur Kanji Rumbi Aceh Sedap

Resep Masakan Khas Aceh – Siapa saja niscaya sudah pernah mencoba kuliner ini. Bubur memang merupakan sajian sarapan yang menjadi pilihan banyak orang di pagi hari sebelum beraktifitas. Hal ini alasannya yaitu bubur sanggup disajikan cepat dan mudah.


Oleh alasannya yaitu itu berbagai orang yang berjualan bubur dipinggiran jalan terutama di pagi hari dan sore hari. Para pekerja seringkali mampir ke warung bubur untuk sarapan mengisi perut mereka. Rasanya yang gurih menciptakan semua orang menyukainya.


Banyak sekali variasi bubur yang ditawarkan oleh penjual. Ada yang disajikan bersama telur, suwira daging bahkan ada yang disajikan dengan kudapan manis cakwe. Semuanya terasa enak dan lezat.


Namun pernahkah anda mencicipi Bubur Kanji Rumbi yang merupakan bubur khas dari Aceh? Bubur Kanji Rumbi ini intinya sama saja dengan bubur pada umumnya. Namun yang membedakannya yaitu bahan bumbu yang dipakai dan juga proses pembuatannya.


Bubur ini disajikan bersama pecahan dadu ayam, udang rebus dan bawang goreng. Tentu saja hal ini akan menambah gurihnya kuliner ini.


Bahan lain yang khas yang dipakai untuk membuatnya yaitu seakan-akan ketumbar, merica, adas manis, pekak, kayu manis, bawang merah, biji pala, dan jahe. Bumbu-bumbu inilah yang menciptakan bubur akan terasa hangat dan berbau rempah.


Tutorial menciptakan buburnya pun sedikit berbeda dari tutorial menciptakan bubur pada umumnya. Bahan rempah tadi tidak dimasukkan secara langsung ke dalam rebusan bubur. Namun dibungkus dengan kain tipis.


Hal ini tentu saja untuk mengurangi banyaknya rempah yang tercampur di dalam bubur yang mungkin bila tidak dibungkus bumbu rempah akan ikut termakan.


Jika anda penasara ihwal bagaimana tutorial pembuatannya. Simak Resep Bubur Kanji Rumbi Aceh Sedap berikut ini.











Siapa
(Bubur Kanji Rumbi, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 20 menit

: 30 menit

: 50 menit


Disajikan untuk

Level


: 5 orang

: Sedang



Bahan Bubur Kanji Rumbi:



  • Rendam dan cuci higienis beras sebanyak ¼ kilogram

  • Cuci higienis ekor ayam

  • Udang rebus sebanyak 250 gram

  • Bawang goreng secukupnya

  • Garam secukupnya



Bahan Bumbu Halus:



  • Ketumbar sebanyak 1 sendok makan

  • Merica sebanyak 1 sendok teh

  • Adas anggun sebanyak 1 sendok teh

  • Pekak sebanyak 3 buah

  • Kayu anggun seukuran 1 ruas jari

  • Bawang merah sebanyak 8 butir

  • Jahe seukuran ruas jari jahe

  • Biji pala sebanyak ½ buah

  • (bungkus semua bahan dengan kain tipis)



Tutorial Membuat Bubur Kanji Rumbi:



  1. Pertama siapkan wajan tanpa minyak kemudian sangrai beras sampai berubah warna atau menguning. Kemudian angkat dan tumbuh bergairah berasnya.

  2. Selanjutnya siapkan panci, masukkan beras dan ayam ke dalam panci, tambahkan air kemudian rebus sampai ayam menjadi empuk dan beras menjadi bubur.

  3. Setelah itu, angkat ayamnya kemudian potong-potong ayam berbentuk dadu. Sisihkan pecahan ayam.

  4. Masukkan bumbu yang dibungkus dengann kain halus tadi ke dalam rebusan bubur yang masih didalam panci. Beri sedikit garam.

  5. Tahap selanjutnya tinggal penyajian, sehabis bubur matang, sajikan bubur di dalam mangkuk bersama taburan pecahan daging ayam, udang rebus dan bawang goreng.

  6. Bubur Kanji Rumbi pun siap dinikmati.



Bagi anda yang ingin mencoba bubur yang berbeda, anda harus mencoba bubur khas Aceh ini. Dijamin anda akan menerima sensasi makan bubur yang berbeda.


Rasanya yang hangat, selesai bumbu rempah yang digunakan, akan menciptakan tenggorokan dan tubuh anda ikut menjadi hangat. Sangat baik untuk kesehatan anda.


Mungkin itu saja Resep Bubur Kanji Rumbi Aceh Sedap yang sanggup saya bagikan untuk anda. Semoga menjadi inspirasi inspiratif untuk anda dan keluarga.


Jangan lupa untuk membagikannya kembali ya dan subscribe kini juga.

Belum ada Komentar untuk "Resep Bubur Kanji Rumbi Aceh Sedap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel