Cara Menciptakan Kakap Woku Belanga Khas Manado

Cara Membuat Kakap Woku Belanga Khas Manado – Masakan kakap woku belanga merupakan salah satu masakan khas dari tempat Manado yang sudah banyak di kenal. Seperti juga dengan masakan lain dari tempat ini, kakap woku belanga juga akan menyampaikan nuansa khas pengolahan masakan ikan yang niscaya berbeda dari tempat lain.


Jenis masakan berkuah ini kaya akan bumbu rempah yang menciptakan rasa dan aroma-nya begitu menggoda. Kalau sebelumnya kita mencoba Ayam Woku kali ini kita akan mencoba resep kakap woku belanga yang merupakan masakan khas tempat Manado. Menu ikan kakap ini merupakan hidangan pedas yang lezat, ingin tau bagaimana tips trick menciptakan masakan khas ini? 



Kata woku sendiri sebetulnya merujuk pada racikan bumbu khas yang sering ditemui di tempat Manado sedangkan kata woku tersebut berdasarkan beberapa sumber berasal dari kata woka yang dulu biasanya dipakai sebagai alas masak pada masakan tempat tersebut.

Kakap Woku Belanga ini berbeda dengan woku daun. Pada masakan woku belanga kita akan mendapati sebuah masakan berkuah yang cita rasakan begitu khas sedangkan pada woku daun masakan dengan cita rasa tersebut akan dimasak dengan daun woka mirip masakan pepes. 


Lalu bagaimana rasa dari masakan khas tempat tersebut? Pada masakan ini kita akan menerima sensasi paduan rasa gurih sedap asam segar dan wangi aneka rempah daun yang berasal dari aneka macam bumbu yang digunakan. Pokoknya, bagi kita yang belum pernah Membuat Kakap Woku Belanga ini wajib mencobanya apalagi bila hobi kuliner. 




A. Bahan Masakan Kakap Woku Belanga


Apa saja yang kita butuhkan untuk menciptakan masakan tersebut, apakah materi yang diperlukan ada di sekitar kita? Tenang saja, aneka macam materi untuk masakan ini tentu mampu kita cari dan siapkan dengan mudah. Jika kita ingin mencoba rasa dari masakan nusantara ini ini kita mampu mulai menyiapkan bahan-bahan yang di butuhkan. Kita siapkan semua materi dasar dan juga materi bumbu untuk masakan tersebut.



Bahan dasar


  • 1 kg ikan kakap dipotong

  • 6 cuilan 1 ruas jahe ditumbuk halus

  • 1 sendok makan air jeruk nipis


Bahan bumbu 


  • 1 ruas jahe merah

  • 1 ruas kunyit

  • 3 butir kemiri

  • 16 buah lombok merah kecil (keempat bumbu di atas giling halus)

  • 1 batang bawang prei iris tipis

  • 1 batang serai dimemarkan

  • 5 lembar daun jeruk, potong halus

  • 1 lembar daun kunyit, potong halus

  • 11 lembar daun kemangi

  • 250 cc air matang dingin

  • 5 sendok makan minyak untuk menumis

  • Garam secukupnya


Di atas telah terang kita lihat bahwa materi dasar untuk masakan ini – sesuai namanya – ialah ikan kakap. Selain itu kita juga akan memakai jahe dan juga jeruk nipis. Untuk bumbu yang kita gunakan diantaranya ialah jahe merah, kunyit, kemiri dan juga cabai. Selain itu kita juga akan memakai serai, daun jeruk, dan juga daun kunyit. Pokoknya semua sudah tertulis lengkap pada daftar materi di atas.




B. Tips Trick Membuat Kakap Woku Belanga Khas Manado


Di atas telah disebutkan bahwa masakan ini ialah jenis masakan kuah jadi kita niscaya sudah mempunyai citra bagaimana proses memasak untuk hidangan dari Manado tersebut. Tidak begitu sulit bahkan untuk kita yang belum pernah mencoba menciptakan masakan tersebut.


Lalu bagaimana tips trick menciptakan masakan tersebut? Langkah-langkah untuk memasak resep kakap woku belanga ini mampu diikuti pada klarifikasi yang akan disertakan berikut ini. Silahkan pribadi diikuti dan dipelajari bagi teman netter yang ingin mencobanya.




  1. Pertama-tama ikan dibersihkan lalu dilumuri dengan jahe halus dan air jeruk nipis, diamkan sebentar sambil menyiapkan bumbu

  2. Tumis bumbu halus kira-kira 2 menit, lalu masukkan bawang prei, serai, daun jeruk dan daun kunyit, aduk sebentar hingga bumbu berbau harum.

  3. Masukkan cuilan ikan aduk sebentar lalu tutup selama 3 menit

  4. Setelah itu masukkan air aduk rata, terakhir masukkan daun kemangi dan garam secukupnya.

  5. Masak hingga ikannya matang kurang lebih 5 menit.

  6. Setelah matang, angkat dan siap untuk disajikan.



Untuk kelas masakan khas tempat hidangan khas Manado yang satu ini mirip juga resep ayam woku memang mempunyai rasa yang tidak kalah dan mantap pedasnya. Sampai disini saja, jangan lupa untuk tetap berkunjung ke blog ini untuk menerima update hidangan masakan lain yang tentunya akan jadi hidangan yang sangat dinanti-nantikan keluarga tercinta.


Cara


Untuk kita penggemar masakan nusantara, masakan ini mampu menjadi salah satu suplemen rujukan kita untuk variasi masakan dengan materi dasar ikan kakap. Selain masakan ini tentu masih banyak lagi masakan dari Manado lainnya yang mampu kita jadikan hidangan utama untuk keluarga tercinta.


Beberapa hidangan lain sudah disiapkan panduannya di cuilan final ukiran pena ini. Mudah-mudahan dengan adanya panduan Cara Membuat Kakap Woku Belanga Khas Manado ini kita mampu menerima suplemen rujukan masakan enak yang mampu kita hidangkan.



Belum ada Komentar untuk "Cara Menciptakan Kakap Woku Belanga Khas Manado"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel