Resep Masakan Ikan Sembilang

Resep Masakan Ikan (Khas Riau) – Apakah anda pernah mendengar masakan yang dibentuk dari materi ikan sembilang? Apakah anda tau juga apa itu ikan sembilang? Hmm… kalau anda belum tau anda harus baca ini karena yakni yaitu kami akan menjelaskan masakan Ikan Sembilang ini untuk anda.


Riau mempunyai sebuah masakan khas yang berbahan dasar Ikan Sembilang. Ikan ini merupakan ikan maritim yang mempunyai ciri fisik hampir sama dengan lele yaitu mempunyai kumis. Namun perbedaannya, Ikan Sembilang ini mempunyai 3 patil yang berada 1 dipunggung dan 2 disirip.


Sekarang ikan ini cukup susah dicari dilaut, karena yakni yaitu memang ikan ini sangat pandai sekali bersembunyi ketika para nelayan ingin menangkapnya. Dipercaya mempunyai kandungan protein, fosfor, dan asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk tubuh.


Masyarakat Riau mempunyai resep khas untuk mengolahnya menjadi masakan yang lezat. Disamping kandungan vitamin yang baik untuk tubuh. Jadi, selain enak, masakan ini sehat untuk tubuh kita.


Untuk membuatnya anda butuh 500 gram ikan sembilang, biji ketumbar, jintan, garam, gula pasir, serbuk lada hitam, buah asam belimbing, bawang merah, merica, dan cabe rawit.


Anda perlu mencuci higienis semua ikannya, lalu menggaraminya dan memanggang ikan. Setelah itu ikan dimasukkan ke dalam bumbu tumisan dan dimasak sampai matang.


Lebih jelasnya, berikut akan kami uraikan Resep Masakan Ikan Sembilang berikut ini:











Apakah
(Ikan Sembilang,Sumber foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 25 menit

: 15 menit

: 40 menit


Disajikan untuk

Level


: 3 – 5 orang

: Sedang



Bahan – materi :



  • 500 gram ikan sembilang lalu bersihkan dan buang jeroan ikan

  • 2 sendok makan minyak goreng

  • 1 sendok kecil biji ketumbar dan jintan

  • Garam, gula pasir, dan serbuk lada hitam secukupnya

  • Buah asam belimbing secukupnya



Bahan bumbu untuk ditumbuk :



  • Bawang merah sebanyak 20 gram

  • Merica sebanyak 3 sendok makan

  • Cabai rawit sebanyak 10 buah



Tutorial menciptakan Ikan Sembilang :



  1. Pastikan semua ikan dicuci higienis dan jeroannya dibuang.

  2. Setelah itu taburi ikan dengan garam dan aduk-aduk sampai ikan terbalut tepat oleh garam.

  3. Siapkan oven dan panggang ikan yang sudah digarami sampai masak.

  4. Kemudian tumis bumbu yang sudah ditumbuk diatas minyak panas sampai harum. Lalu tambahkan buah asam belimbing dan serbuk lada hitam. Aduk-aduk semua materi sampai rata.

  5. Selanjutnya masukkan ikan, garam, gula pasir, jintan dan biji ketumbar. Aduk-aduk kembali sampai bumbu dan ikan tercampur sempurna. Masak sampai ikan benar-benar matang.

  6. Setelah matang, angkat ikan dan sajikan.



Rekomendasi Resep : Ikan Bakar Colo Dabu Dabu Khas Papua Barat



Masakan ini merupakan masakan special, karena yakni yaitu tidak semua orang mengetahui resep ini. Hal ini karena yakni yaitu materi baku yakni Ikan Sembilang sulit untuk didapat. Tetapi jikalau di daerah anda, anda masih mampu menemukan Ikan tersebut, tidak ada salahnya anda mencoba resep yang kami berikan.


Demikian Resep Masakan Ikan Sembilang yang merupakan masakan khas dari Riau. Semoga mampu menambah wawasan masakan anda dan menjadi pandangan baru inspiratif untuk sajian masakan keluarga. Jangan lupa untuk membagikan resep nya ya dan baca juga resep menarik lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Resep Masakan Ikan Sembilang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel