Resep Opor Ayam Special Lezat

Resep Masakan Ayam (Khas Yogyakarta) – Halo pecinta kuliner Indonesia dimana saja anda berada. Update resep kuliner terbaru lagi nih. Kali ini saya akan menyampaikan update kuliner terbaru dari kawasan Yogyakarta.


Yogyakarta memang mempunyai berbagai macam kuliner khas yang banyak disukai oleh semua orang. Banyak sekali kuliner yang menjadi favorit semua orang. Salah satunya kuliner yang akan saya bahas kali ini.


Opor Ayam Special yang yummy untuk anda. Memang kuliner ini seringkali dibentuk ketika ada kegiatan special. Misalnya ketika lebaran, banyak ibu-ibu rumah tangga yang menyiapkan olahan ayam ini beserta lontong/ketupat ataupun nasi hangat.


Kenapa ini sanggup menjadi sajian kuliner favorit keluarga? Karena rasanya memang benar-benar nikmat. Daging ayam yang lembut ditambah dengan kuah santannya yang gurih menjadi ciri khas dan ketertarikan tersendiri.


Nah bagaimana cara membuatnya? Bagi anda yang sudah terbiasa dengan memasak, niscaya hal ini akan terasa begitu mudah.


Bahan utama yang harus anda siapkan ya tentu saja ayam. Anda sanggup menyiapkan ayam burass ataupun ayam kampung. Tapi saya sarankan anda menyiapkan ayam kampung untuk menciptakan Opor Ayam ini.


Kenapa ayam kampung? Karena ayam kampung mempunyai tekstur dan serat daging yang lebih lembut dibanding dengan ayam buras. Selain, daging ayam mempunyai rasa yang lebih enak.


Selain daging ayam, anda juga perlu menyiapkan materi lainnya seolah-olah air perasan jeruk nipis, daun salam, serai, daun jeruk, santan, dan air asam jawa.


Dan untuk bumbu halusnya, anda butuh beberapa materi seolah-olah bawang merah, bawang putih, kemiri, gula pasir, merica bubuk, dan garam secukupnya. Haluskanlah semua bumbu tersebut dengan cara diulek.


Karena dengan cara diulek, bumbu akan menghasilkan busuk yang khas. Berbeda kalau kita menghaluskannya dengan cara diblender.


Tutorial menciptakan Opor Ayam ini relatif simpel anda hanya perlu kesabaran dan juga ketalatenan dalam meracik bumbunya.


Pertama kali anda harus melumuri daging ayam dengan air perasan jeruk dan garam. Kemudian dimasak beserta tumisan bumbu halus dan terakhir dicampur dengan santan sampai matang.


Untuk lebih jelasnya, silahkan simak klarifikasi Resep Opor Ayam Special Lezat saya berikut ini.











Halo
(Opor Ayam, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 30 menit

: 30 menit

: 60 menit


Disajikan untuk

Level


: 5 – 12 orang

: Sedang



Bahan Utama Opor Ayam:



  • Potong menjadi 12 kepingan 1 ekor ayam

  • Air jeruk nipis sebanyak 1 sendok makan

  • Daun salam sebanyak 3 lembar

  • Memarkan 1 batang serai kemudian ambil putihnya saja

  • Memarkan 2 cm jahe

  • Daun jeruk sebanyak 5 lembar

  • Santan sebanyak 1 liter yang dibentuk dari 2 butir kelapa

  • Air asam jawa sebanyak 1 sendok makan

  • Bawang goreng sebanyak 3 sendok makan untuk taburan

  • Minyak goreng sebanyak 3 sendok makan

  • Garam secukupnya



Bahan Bumbu Halus:



  • Bawang merah sebanyak 6 buah

  • Bawang putih sebanyak 3 siung

  • Sangrai 3 buah kemiri

  • Gula pasir sebanyak 2 sendok makan

  • Merica butir sebanyak 1 sendok teh

  • Garam secukupnya



Bahan Pelengkap:



  • Potongan lontong atau ketupat sesuai selera anda



Tutorial Membuat Opor Ayam:



  1. Pertama cuci higienis kepingan daging ayam kemudian lumuri dengan air jeruk nipis dan juga garam. Pastikan semua kepingan daging terlumuri dengan baik. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bersihkan kembali dan tiriskan.

  2. Selanjutnya panaskan minyak di atas wajan, kemudian tumis bumbu halus ditambah dengan beberapa materi lain seolah-olah daun salam, serai, jahe dan daun jeruk. Aduk-aduk sebentar kemudian masukkan kepingan daging ayam. Aduk-aduk kembali dan masak sampai berubah warna.

  3. Kemudian masukkan air asam jawa. Dan masak ayam sampai ayam matang.

  4. Sebelum mau matang, tuangkan santan, aduk aduk kembali dan masak sampai mendidih.

  5. Tahap terakhir adalah penyajian. Siapkan piring saji kemudian masukkan opor ayam ke dalam piring saji dan beri taburan bawang goreng.

  6. Sajikan pula Opor Ayam bersam dengan kepingan lontong atau ketupat.

  7. Opor Ayampun siap untuk dinikmati.



Rekomendasi Resep : Resep Ayam Masak Ambon


Opor Ayam ini akan sangat nikmat kalau disajikan selagi hangat. Anda pun sanggup menambahkan tambahan lainnya seolah-olah kerupuk atau pun nasi hangat sebagai pengganti lontong.


Itu saja yang sanggup saya bagikan untuk anda. Resep Opor Ayam Special Lezat untuk anda dan keluarga. Semoga bermanfaat dan sanggup menjadi inspirasi inspiratif untuk kuliner anda hari ini.


Jangan lupa untuk reshared dan subscribe ya.


Belum ada Komentar untuk "Resep Opor Ayam Special Lezat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel